Pages

Sabtu, 17 Agustus 2013

BELAJAR BERKHUSNUDZON

@ BERPRASANGKA BAIK KEPADA ORANG LAIN "_"

hidup ini memang dipenuhi oleh beragam-ragam manusia. kita juga hidup sebagai makhluk sosial, artinya kita perlu hidup berdampingan dengan orang lain.kita tidak bisa hidup sendiri saja. tetapi membutuhkan orang lain untuk saling mengisi dan memenuhi kebutuhan masing-masing.

jika kebetulan bertemu dengan seseorang yang tidak di sukai atau menyakiti diri kita, janganlah berpiliran yang bukan-bukan dulu tentangnya . itu belum tentu benar, belum tentu dia sejahat seperti yang kita duga bukan? belum tentu dia bodoh seperti perkiraan kita. semuanya itu sekali lagi hanaya dugaan atau prasangka buruk."yang benar-benar mengetahui diri seseorang adalah orang itu sendiri"
 prasangka buruk hanya akan membawa kita jatuh ke dalam dosa, karena isinya sebagian besar adalah fitnah belaka. bisa dilihat di Alquran surat Al-hujurat:12.
didalam hadits, Rosulullah juga melarang berprasangka buruk . karena prasangka buruk itu belum tentu benar dan isinya adalah sebagian fitnah dan kebohongan.
" jauhilah beruruk sangka, karena sesungguhnya buruk sangka itu adlah ucapan yang paling bohong"(HR. MUSLIM).
Orang lain tidak semuanya jahat dan berniat jahat kepada anda, camkanlah ini!, anda sendirilah yang berpikiran begitu, jika ada sesuatu yang tidak beres anda merasa orang llain jahat kepada anda, jika ada hal buruk yang menimpa anda, anda biasanya melimpahkan kesalahan kepada orag lain. ini salah!
bersihkanlah hati anda. jangan suka membicarakan orang lain, baik itu benar atau tidak. Jika anda tidak benar-benar mengetahui tentang diri seseorang, sebaiknya diam saja. Jangan jadi orang yang sok tahu dan berprasangka buruk terhadapnya . ini hanya akan mengotori hati anda dan membuat hubungan antarpersonal anda jadi buruk.

@ BERPRASANGKA BAIK KEPADA ALLAH
prasangka buruk kepada Allah sering dialami oleh manusia yang sudah percaya dan beribadah kepada-Nya, tetapi sebenarnya ia masih jauh dari Allah. Biasanya sifat ini juga menimpa orang yang tidak sabaran. Memang sudah sifat manusia jika dia diberi kebaikan dia akan senang, tetapi jika diberi kemalangan dia akan berprasangka yang bukan-bukan kepada Allah. Sesungguhnya itu hanyalah bisikan syetan yang ingin menjauhkan anda dari Allah. jika kebetulan Allah menimpakan sessuatu musibah, stan akan membisikan kebohongan bahwa Allah itu jahat dan tak adil, jika mungkin doa kita belum dikabulkan olewh Allah, setan juga akan memengaruhi kita dan mengatakan bhawa Allah tifak akan mngabulkan doa kita.
" Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui." (QS. Albaqarah )

jadi berhati-hatilah dengan penyakit hati yang satu ini. terkadang kita tidak menyadarinya, tetapi setiap hari kita melakukannya, ketahuilah bahwa setan yang paling berbahaya bukanlah setan yang muncul dan menakut-nakuti kita. Setang yang paling berbahaya adalah setan yang tidak terlihat tetapi mampu masuk hingga ke relung hati tanpa kita sadari.
Jika anda menganggap bahwa Allah jahat, bahwa Allah hanya menimpakan musibah dan kesedihan, jika anda menganggap Allah tidak adil dan sebagainhya, maka Allah akan memperlakukan anda seperti itu. Tetapi sebaliknya jika anda menganggap Allah baik, maka Allah juga akan bersikap baik kepada kita. Jika anda menganggap Allah penyayang, Dia akan memberi kasih sayang-Nya kepada anda.
Berprasangka baiklah kepada Allah , karena Allah akan memberi seperti yang anda sangkakan kepada-Nya. " Aku akan memberi apa yang hamba-Ku menyangka terhadap-Ku" ( Hadits Qudsi)

start for now.. jangan suka berkhusnudzon baik kepada diri sendiri, kepada orang lain, atau bahkan kepada Allah..!!!  POSITIVE THINKING :)

Lihat juga artikel saya yang berjudul "CARA BERSABAR"

Artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas akhir cawu MATA KULIAH WEB INTERNET Bogor EduCARE.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About