Pages

Jumat, 16 Agustus 2013

CARA BERSABAR

banyak orang yang berkata " Saya tidak bisa kalau disuruh bersabar, sifat saya memang sudah begini dari lahir.
memang benar sitap manusia memiliki sifat2 fitrah yang berbeda -beda yang diberikan oleh Allah. memang benar pula ada orang yang sudah "berbakat" sabar dari lahir, sehingga segala tingkah lakunya berkesan tenang , bijaksana dan sabar terhadap segala yang ia hadapi, sementara itu, ada juga orang yang memiliki sifat tidak sabaran, sehingga mudah kesal atau marah terhadap situasi tertentu yang tidak sesuai dengan hatinya. lalu bagaimana caranyaa untuk bersabar???????????

berikut cara-caranya :

1. MENYADARI BAHWA SEMUA ITU MILIK ALLAH
 semua yang da diduniqa ini adalah milik allah. jika anda menyadari hal itu, segala apa yang hilang dari anda tidqak begitu menyakitkan, karena anda tahu bahwa semuanya itu bukan milik anda melainkan milik Allah semata. ucapkanlah " Innalillahi wainna ilaihi roji'uun" setiap anda merasaa bersedih atau ditimpa kemalangan. ucapan ini bukjanya hanya ditujukan untuk orang yang meninggal saja , teteapi untuk setiap keadaan dimana ada sesuqtu yang hilang dari diri anda.
ucapkanlah ini untuk merelakan semuanya, karena sekali lagi semua yang ada di dunia ini bukan milik kita tapi milik Allah. Allah yang telah meberi, Allah pulalah yang akan mengambil semua milik-Nya. Kita semua hanya dititipi amanah-Nya.

2. MENERIMA APA ADANYA
Terimalah semua yang ada pada diri anda dengan rela dan berserah diri. ingat bahwa segala yang anda miliki sekarang adalah yang terbaik menurut Allah. Terimalah yang telah diberikan oleh Allah itu dengan lapang dada dan syukuri setiap nikmat Allah.

3. BELAJAR MENGALAH
sering kali manusia tidak mau mengalah terhadap keadaan di sekitarnya. ini adalah sifat manusia yang maunya menang sendiri, tanpa mempedulikan orang lain. jika anda meliohat bajhwa suat masalah memiliki hikmah yang lebih besar, belajarlah berjiwa besar dan mengalah. mengalah itu belum tentu kalah, tetapi justru dengan mengalah nada berarti dewasa dalam melhat masalah secara keseluruhan.

4. CUEK!
sekali lagi sikap cuek yang wajar dibutuhkan, jika anda diterpa musibah atau hinaan dari orang lain, mungkin salah satu jalan keluarnya adalah cuek! jangan terlalu pedulikan akan semua hal, anggap semua angin lalu saja.

5. PUASA
salah satu cara yang ampuh untuk melatih keasabaran adalah denga berpuasa. lakukanlah puasa sunnah setiap senin-kamis, dan usahakan agar tidak merusak puasa anda itu dengan selalu menahan diri, tenang , dan tidak mudah marah. jika anda berhasil di dalam puasa, lakukanlah yang sama dalam hidup sehari-hari saat anda tidak sedang berpuasa. InsyaAllah akan berhasil.

_KESIMPULAN_
" apa yang di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."( QS. An Nahl: 96)

=> sabar memang sulit , tetapi bukanya tidak bisa dilakukan. Sabar menahan diri, sabar tidak tergoda, sabar menerima musibah, sabare menunggu doa terkabul dsb. semuanya itu menuntut kta menahan diri, dari dorongan hati maupun dari godaan dari luar.

INGAT ! 
Bersabarlah terhadap semua hal , niscaya anda akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia maupun di akhirat.

terimakasih,,semoga bermanfaat keep your smile ..don't be sad..



Dikutip dari : Buku Motivasi Islami By: A.K

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About